eventori logo

Mau dapat pengalaman yang
berbeda ?

Download aplikasi Eventori Sekarang.

image

EventMagz /

Ahmad Dhani Bilang ''Jangan Pernah Kamu Bercita-Cita Menjadi Musisi Indonesia''

22/01/2022
Alvin Iqbal
Penulis : Alvin Iqbal
BAGIKAN

Sumber : -

Musik memang menjadi teman di berbagai kondisi manusia, sepanjang sejarahnya musik selalu menjadi atribut dari berbagai era. Musik bahkan dapat menjadi awal dari suatu sebuah pergerakan.

Sehingga bukan hal yang aneh jika banyak orang yang ingin menjadi musisi, entah untuk berkreasi, menyampaikan opini, atau hanya sekedar memperoleh banyak atensi. Namun menjadi musisi bukanlah perkara beradu aksi, maka dari itu Eventori mencoba berbagi kiat-kiat dari orang-orang berkompeten yang sudah bertahun-tahun ada di industri.

 

Harus memiliki Impian yang tinggi

Ahmad Dhani memberikan saran kepada para generasi muda yang ingin menjadi musisi, untuk tidak tanggung dalam memiliki mimpi, baginya jangan pernah bercita-cita untuk menjadi musisi Indonesia, namun harus bermimpi menjadi musisi dunia.

“Kepada generasi muda Indonesia, jangan pernah kamu bercita-cita menjadi musisi Indonesia, bercita-citalah jadi musisi dunia. Seandainya saat itu saya bercita-cita jadi musisi dunia, mungkin saya sekarang sudah jadi produser dunia internasional,” ungkap Ahmad Dhani.

 

Tantangan yang harus dihadapi

Walaupun harus memiliki impian yang tinggi, namun Fadly vokalis dari band Padi Reborn menjelaskan bahwa untuk membuat grup musik membutuhkan komitmen yang besar, serta waktu yang tidak sebentar, terutama jika ingin memiliki grup yang bertahan lama.

“Kalau bikin band itu butuh komitmen besar dan band itu memang butuh waktu panjang juga, tergantung niatnya bikin band mau bikin buat satu project atau buat panjang seperti Padi atau Dewa atau Slank,” jelas Fadly.

Dirinya juga menambahkan bahwa yang paling penting dalam membuat suatu karya musik adalah menyampaikan isi hati secara tulus, karena baginya tidak ada rumus baku untuk menulis lagu, melainkan bagaimana seseorang berusaha untuk menyerap berbagai keajaiban yang ada di dalam hidup.

“(Dalam membuat lagu) yang paling pertama, nyanyikan apa yang kau rasakan, rasakan apa yang kau nyanyikan, apa yang datang dari hati akan sampai ke hati. Nggak ada rumus baku sebenarnya, yang penting kita setulus mungkin dan berusaha menyerap keajaiban-keajaiban yang ada di dalam perjalanan kita aja,” sambung Fadly.

 

Pahami juga bagaimana kebiasaan pendengar

Sedangkan menurut CEO dari Juni Records yaitu Adryanto Pratono atau yang kerap disapa Boim, membuat lagu bukan hanya perkara menciptakan musiknya saja, namun dalam proses kreatifnya juga perlu untuk melihat pola konsumsi dari pendengar, bagaimana kebiasaan mereka untuk menikmati lagu yang akan kita buat.

“(Dalam proses kreatif membuat lagu) menurut gue saat ini untuk menjawab konsumennya, pola konsumsi. Kalau tadinya concern kita adalah menciptakan album, menurut gue sekarang adalah single by single, gak kayak album by album,” jelas Boim.

Dirinya juga menambahkan bahwa baginya di masa sekarang adalah eranya bagaimana musik kita dapat berada di berbagai playlist, sehingga lagu kita dapat ditemukan oleh banyak orang.

“Menurut gue game-nya sekarang adalah bagaimana lu conquer musik lu di banyak playlist. Semakin banyak playlist semakin banyak orang discover musik lu, beda banget sama dulu, kalau dulu ya lu beli musik satu paket kan,” jelas Boim.

 

Jangan pernah berhenti berkarya

Ketua dari AMI (Anugerah Musik Indonesia) Awards yaitu Dwiki Dharmawan juga menyampaikan sarannya, baginya saran terpenting adalah menjadi diri sendiri, mempelajari kemampuan bermusik, serta ilmu dengan baik serta untuk terus berkarya tanpa henti.

“Saran saya (untuk yang ingin menjadi musisi) be yourself mempelajari dengan skill yang baik, knowledge yang baik, menjadi diri sendiri, dan terus berkarya tanpa berhenti,” jelas Dwiki Darmawan.

Dari berbagai kiat-kiat dari orang-orang hebat di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk menjadi seorang musisi diperlukan impian yang tinggi, menyampaikan apa yang ada di dalam hati, dan jangan pernah berhenti.

Tags:

Berita Terkait

Berita Lainnya

Komentar

Komentar ()
Loading...