Aldila Karina Ajarkan Cara Menjadi Publicist Musik yang Handal

Aldila Karina Ajarkan Cara Menjadi Publicist Musik yang Handal

Posted: Jan 22, 2022

Selain musisinya sendiri, banyak orang yang berjasa dalam proses perilisan sebuah karya musik, baik itu singgel, mini album maupun album. Salah satunya adalah peran seorang publicist, jadi apakah publicist itu? Lalu apa saja yang mereka kerjakan?

Selain musisinya sendiri, banyak orang yang berjasa dalam proses perilisan sebuah karya musik, baik itu singgel, mini album maupun album. Salah satunya adalah peran seorang publicist, jadi apakah publicist itu? Lalu apa saja yang mereka kerjakan?

Eventori berhasil mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara dengan salah satu publicist yang namanya sudah malang melintang di industri musik Tanah Air, yaitu Aldila Karina atau yang kerap disapa Dila.

Dila yang merupakan salah satu pembuat firma publikasi yang diberi nama Creathink Publicist, menjelaskan bahwa pekerjaan seorang publicist sebenarnya adalah membantu mempublikasikan apa yang ingin disampaikan oleh klien.

''publicist itu kan kurang lebih, seperti halnya seorang public relations tapi memang secara khusus kalo publicist itu punya tugas, lebih kepada mempublikasikan, dan direct key message apa yang ingin disampaikan oleh orang atau brand yang sedang dipegang,'' jelas Dila

Firma publikasi Creathink Publicist sendiri memang merupakan salah satu publicist yang berfokus pada musisi lokal Tanah Air, ketika ditanya alasannya, Dila mengungkapkan bahwa masih banyak musisi lokal yang berkualitas tetapi masih membutuhkan bantuan publikasi yang lebih.

''Gua fokus untuk handle musisi-musisi Indonesia, kenapa penting Indonesia? karena musisi Indonesia banyak banget yang keren-keren dan perlu nampaknya untuk kita build communication-nya dengan media-media, maupun target lainnya,'' ungkap Dila

Dalam kesempatan tersebut, Dila juga membagikan tips bagi siapapun yang ingin mengikuti jejak karirnya. Baginya hal yang sangat diperlukan oleh seorang calon publicist adalah rajin bersosialisasi, memantau sosial media, dan juga memantau kerabat media.

''Untuk menjadi seorang public relations, ataupun menjadi publicist siapapun sebenarnya bisa, tapi memang kalo gua melihat, ada hal yang begitu esensial kenapa menjadi itu publicist butuh kiat-kiat khusus, lu kayaknya perlu rajin nongkrong, rajin pantau sosial media, rajin pantau teman-teman media siapa, dan rajin juga bikin acara dan bekerjasama dengan event-event, serta medianya,'' ungkap Dila

Dila juga menambahkan bahwa yang terpenting lainnya adalah menjaga hubungan dengan media selayaknya pada teman, dimana semua diawali dengan sering mengikuti berbagai acara hingga sering berkumpul bersama.''

''Sehingga bisa ketemu langsung sama medianya, bisa dapet kontaknya, dan ngobrol bareng, komunikasinya tuh bisa jadi pertemanan, itukan semua berawal dari nongkrong, ataupun dari event-eventnya,'' sambung Dila

Dila kemudian menutup wawancara eksklusif tersebut dengan mengajak orang-orang untuk meramaikan pasar publicist di Indonesia. Karena menurut dia, Indonesia memiliki musisi yang melimpah tetapi orang yang berperan sebagai publicist masihlah sedikit.

''Musisi di Indonesia tuh banyak banget, tapi publicist nya sedikit, jadi lahannya ini adalah lahan yang begitu luas untuk orang-orang yang memiliki basis sebagai seorang media relations kalau memang berkutat di industri musik,'' pungkas Dila

Writer: Alvin Iqbal
TAGS:Artis / Talent
SHARE
Recommendation Article