“The world’s most famous and popular language is music.” – Psy
Sepakat dengan quote dari Psy? Pasti sepakat sih. Hahaha kita aja sekarang bisa dengan mudah nilai orang cocok atau nggak dari selera musik. Sadar nggak? HEHEHE.
Pasang earphone, headphone atau earpods. Hampir semua orang melakukan ini. Kerja, belajar, berkendara dan apapun itu. Sebenarnya ini karena era sekarang, Digital Streaming Platform buat dengerin lagu udah bertebaran banget. Contohnya yaaa Spotify yang namanya harum banget di Indonesia bahkan dunia.
Nah, the question is, sebenarnya DSP apa sih yang paling sering digunain? Apakah Joox? Atau Spotify? Apple Music? Hmm lesgow kita explain aja satu-satu okeh.
Gen-Z ngabisin waktu dengan dengerin lagu
Nah ini. Based on data yang diperoleh IDN Media Gen-Z Report 2022, 62% Gen-Z Indonesia yang usianya di antara 20 - 25 tahun banyak ngabisin waktu dengan mendengarkan lagu ges. Buat yang young teen alias di bawah 20 tahun ada di angka 63%. Cukup banyak bukan?
Nah, device yang mereka gunakan untuk dengerin lagu yaaa smartphone mereka. Karena ini adalah cara paling mudah untuk akses DSP yang beredar di Indonesia gesssss.
If you think “the green” is the most popular, let’s check the fact!
Nah ini temuan mengejutkan lainnya dari IDN Media Gen-Z Report 2022. Sebagai generasi yang mendominasi Indonesia dalam beberapa tahun ke depan, Gen-Z ini emang suka ngasih kejutan lhoo. Ternyata, yang terbesar adalah YouTube. Hahaha.
Mengejutkan, rite? Tapi ini sebenarnya sejalan dengan hasil riset bahwa YouTube jadi salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak kedua. Jadi, orang-orang lebih banyak menggunakan YouTube sebagai salah satu medium untuk dengerin lagu. YouTube sendiri ada di angka 66% menurut data dari IDN Media Gen-Z Report 2022, disusul JOOX dengan angka 25% dan 20% untuk Spotify.
Are you serious?
Yes! But, kalau kita ngomongin Gen-Z, penggunaan DSP seperti Spotify dan JOOX emang lebih lazim untuk mereka gengs. Karena mereka tumbuh di zaman Spotify dan JOOX awal masuk ke Indonesia… Tapi, hanya 30% Gen-Z aja yang tertarik untuk subscription aplikasi khusus layanan musik gengs. Jadi ya, mostly mereka doyan gratisan, atau mungkin download aplikasi bajakan. Mungkin ya…
Conclusion…
Ya sebenarnya data yang menunjukkan bahwa YouTube lebih banyak penggunaannya untuk musik di Indonesia. Karena didukung juga kalau YouTube jadi medsos terpopuler nomor 2 di Indonesia menurut data IDN Media Gen-Z Report 2022. Paket lengkap pula, bisa nonton video juga. Kalau berlangganan, bisa dapat akses YouTube Music. Fitur banyak dan simple. Gratis pun juga enak karena iklannya masih bisa di-skip.
Any thought?
Source: IDN Media Gen-Z Report 2022