Digital Content (DC) Event yang merupakan wadah penting bagi para digital talent dari berbagai industri dalam mendukung percepatan perkembangan ekonomi digital di Indonesia, kembali digelar tahun ini.�
Acara ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada 19 dan 20 Maret 2021 secara virtual dan dihadiri oleh sekitar 1000 peserta dari berbagai sektor industri digital talent. DC Event 2021 dibuka oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Sandiaga mengatakan bahwa dengan pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, menjadi proses digitalisasi serta dijadikan momentum dan lompatan besar bagi masyarakat.
�Dari layar kecil yang ada dalam genggaman kita merupakan digital content, content di layar dapat mempengaruhi mood seseorang. Content is king, millennial memasukan content sebagai kebutuhan data yang sangat penting,� ucap Sandiaga dalam keterangan pers yang diterima Eventori.
�Pentingnya peran antara influencer, content creator, dan big industry player menjadi kolaborasi di tengah tantangan saat ini yang berpengaruh dalam ekonomi digital. Kita harus bersama-sama mengangkat content dengan semangat dan menjadi jawara dalam menghadapi pandemi saat ini,� sambungnya.
Penyelenggaraan DC Event 2021 berjalan selaras dengan fokus Pemerintah Republik Indonesia di 2021 dalam hal ekonomi digital. Pasalnya, sumber daya ekonomi tidak lagi berasal dari sumber daya alam, tetapi manusia yang berpengetahuan, kompeten, dan terampil di era teknologi saat ini.���
�Saya sangat menyambut baik dengan penyelenggaran DC Event ini, karena ini bisa menjadi wadah positif bagi influencer, content creator, serta big industry player dapat menginspirasi masyarakat dan memanfaatkan peluang sehingga menjadi penyemangat kita untuk bangkit dan menjadikan agenda pembangunan kita,� beber Sandiaga.
Beberapa pembicara yang mengisi acara ini di antaranya adalah Setyanto Hantoro (CEO Telkomsel), Revie Sylviana (Director Entertainment Partnerships Indonesia/ Malaysia/ Pakistan/ South Korea, Facebook),� dr Dion Haryadi (Health & Fitness Content Creator), Hendrick Tanuwidjaja (Mindfulness MBSR Teacher), Marshall Pandhiatama (Creative Director/ COO KelasKita), dan Neilmaldrin Noor (Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak).
Selain itu, ada juga Martin Anugrah (Youtuber), Seno Adhi Damono (CEO On Us Asia), Nazla Alifa Senia (Kaca Kreatif), Trisna Anchali Kardia (Sales Director LINE Indonesia), Shella Arief (Influencer/Founder� & CEO PT PT Tumbuh Jawara Natural (Tumbuh Lab), Yudist Ardhana (Content Creator), Medy Renaldy (Content Creator), dan Riz C. Romauli (Environment Enthusiast).�
DC Event 2021 mengusung tema �Content is The Doctor of Economy�. Penyelenggara turut berperan menjadi katalisator dalam akselerasi transformasi ekonomi digital di Indonesia. Percepatan transformasi ekonomi digital membutuhkan sokongan lebih banyak dari digital talent. Diperlukan sekitar 9 juta orang digital talent dalam waktu 15 tahun kedepan, maka butuh persiapan dalam membangun ekosistem yang baik.��
Tema-tema yang di bahas adalah Content Creator for All Industries Great Future In Digital, Edutech, Tourism In Our Perspective, Namaste, Healthy Mind, Healthy Body, Perpajakan Sosial Media Influencer Di Era Digital, How To Become An Influencer & Content Creator, Smart Influencer, Smart Brand & Smart Costumer, Big Data Analytics & Its Implication For Corporate Image, How To Stay Sober And Sustain On Making A Great Content At Home, dan Personal Branding vs Personal Image.�
Di tengah merebaknya pandemi COVID-19, ada peluang percepatan untuk digital ekonomi dalam menciptakan lebih banyak lapangan kerja baru. Ekosistem ekonomi digital memiliki potensi yang sangat besar, khususnya digital content tumbuh dengan cepat jika didukung oleh ekosistem yang kondusif.�
�Melihat kesempatan dan potensi yang ada ekonomi digital dan hubungannya yang erat dengan digital content, On Us Asia dengan bangga mengajak Kementerian Parekraf dan kolaborator lainnya, yang memahami betul pentingnya untuk terus mengembangkan dan merawat potensi yang ada baik dari pengusaha kecil-menengah, content creator influencer, dan para wannabe�s,� pungkas Sri Rahayu selaku Direktur On Us Asia.