Rise and shine, my friend! The sun's up, the day's kickin' in, and I wanted to drop by and say hey. Hope you're feelin' all refreshed and ready to rock this day! It's gonna be awesome, I can feel it. So go out there, seize those opportunities, and make this morning the start of somethin' incredible.
Dalam beberapa tahun terakhir, media sosial telah menjadi alat yang kuat dalam menghubungkan, menginspirasi, dan mempengaruhi generasi muda. Salah satu platform yang mencuri perhatian adalah TikTok.
Bahkan, dunia politik juga mulai merambah ke sana. Terbaru, partai PAN merambah ke TikTok dan viral. Tau nggak karena apa? Yap, karena anthem partai mereka. Lagi dan lagi, politainment.
Strategi Politik yang Udah Nggak Konvensional Lagi
Mars PAN tuh lagi viral banget di TikTok. Liriknya yang gampang banget diinget, bikin netizen langsung hapal sama lirik dan nadanya. Bahkan, banyak banget content creator yang replace lirik aslinya dan menggunakan Mars PAN sebagai sound di VT-nya.
Tapi, apakah ini beneran strategi politik atau gimana? Soalnya, mereka juga pakai banyak seleb dan musisi nih sebagai kader!
Dalam politainment era ini, partai politik kayaknya udah sadar pentingnya menjangkau generasi muda melalui platform yang mereka sukai dan menggunakan bahasa yang gampang dipahami.
Membuat Lagu yang Catchy Bisa Jadi Opsi
Karena pergeseran era, menarik massa tuh nggak cuma kampanye offline. Membuat lagu yang ear catchy bisa jadi opsi terbaik untuk partai.
Jauh sebelum PAN, ada Perindo yang punya iconic anthem. Sering diputar di televisi, orang-orang langsung mengingat hal tersebut ketika menyebut partai yang punya anthem. Istilahnya, jadi top of mind.
Sekarang hanya beda medium aja. TikTok jadi senjata ampuh buat PAN dalam mencari elektabilitas dan memperkenalkan diri ke Gen Z dan Millennials.
Mereka dengan antusias membagikan video konten dengan menggunakan sound tersebut. Dampaknya? Ya menciptakan efek viral yang menggerakkan kesadaran politik di kalangan mereka. Kampanye yang murah nggak sih? Hehehe…
Bakalan Ada Mars Macem Apa Lagi Ya?
Keberhasilan PAN di TikTok membuka pintu bagi partai politik lainnya untuk mengeksplorasi strategi yang sama dalam menarik perhatian generasi muda.
Politainment dengan membuat lagu ini menjadi jembatan antara politik dan hiburan, memperluas jangkauan pesan politik dan membuka ruang untuk partisipasi yang lebih aktif dari generasi muda dalam dunia politik.
Fenomena PAN membuktikan kalau partai politik mampu menciptakan tren yang menggoyang generasi muda. Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, politainment menawarkan cara baru yang menarik untuk menyampaikan pesan politik dan membangun kesadaran politik yang lebih luas.
Gimana? Sepakat?