Merebaknya pandemi virus corona di Indonesia membuat para pelaku industri hiburan, termasuk Event Organizer (EO) terkena dampaknya. Event yang mengundang kerumunan hampir semuanya diundur. Bahkan, ada yang dibatalkan.
Salah satunya adalah Raisa Live in Concert yang rencananya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 2020, ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.
Di tengah kondisi dan situasi seperti ini, para pekerja event harus bisa bangkit. Mereka harus bisa jeli dalam memetakan peluang di era serba digital dan berusaha untuk mengoptimalkan potensinya.
Edy SR selaku founder Brandpreneur Edysr Id Lab, berbagi kiat-kiat tentang bagaimana membangun sebuah brand. Menurutnya, brand adalah nama yang bermakna. Terdapat nilai-nilai yang melatarbelakangi lahirnya brand.
Kalau tidak mendapat pengakuan, brand-nya tidak berkembang, ucap Edy dalam live Instagram Novos.id bertema Covitive+.
Di Brandpreneur, Edy mengatakan bahwa ada tiga hal yang bisa mempertajam nilai, yaitu spesialisasi, reputasi, dandistinctive. Apabila tiga hal ini dapat dipertajam, otomatis nilai dari suatu brand akan kuat.
Pertama, spesialisasi, bahasa lainnya kepakaran. Yang kedua adalah reputasi. Kalau spesialisasi statement kita sendiri, kalau reputasi itu pengakuan orang lain terhadap brand kita, ungkap Edy.
Ketiga,distinctiveatau pembeda yang unik. Kalau di marketing, orang biasa pakaiunique selling point (USP).Distinctiveitu gabungandifferent pointdan USP, beda dan unik, sambungnya.
Sementara itu,eventdi kacamata branding adalah salah satu bentuk produk. Di dalam branding, terdapat hal penting yang melibatkan tiga sisi, yaitu verbal, visual, danexperience.
Verbal dituliskan, kemudian melahirkanbrief. Visualisasi didesain, sehingga enggak diawang-awang. Ketika dua tahap ini sudah dikerjakan, menjadikan sebuah pengalaman, jelas Edy.
Kata Edy, ketiga hal tersebut bisa memberikan dampak yang cukup luas. Mulai dari bagaimanaeventmemberikan pengalaman baru, berbuahengagementke target pasar, dan lainnya.
Tanpa pengamalan baru,engagement-nya kurang.Eventyang sukses,eventyang bisa memberikanexperience. Enggak cumabriefbagus, visual menarik, tapiexperience-nya mengesankan, pungkas Edy SR.