Konser Coldplay di Jakarta Bakal Usung Tema Sustainability?

Konser Coldplay di Jakarta Bakal Usung Tema Sustainability?

Posted: May 09, 2023

Akhirnya, kepastian konser Coldplay di Jakarta telah dirilis tapi apakah akan menghadirkan hal yang sama dengan apa yang ditawarkan di Negara-negara lain?

It's The Good News and The Bad News, When Rumor Already Revealed but Your Saving Isn't

It’s official!! Setelah kabar yang simpang siur mengenai kedatangannya ramai beberapa bulan terakhir, akhirnya pada 9 Mei 223, Coldplay mengumumkan secara resmi kedatangannya di Indonesia melalui akun Instagramnya.

Tentu saja kabar kedatangan Coldplay ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan bagi seluruh fans Coldplay di Indonesia mengingat ini bakal menjadi penampilan perdananya di Indonesia.

Kedatangan Coldplay ke Indonesia ini menjadi salah satu bagian dari rangkaian tour Coldplay berjudul Music of The Sphere, yang sudah dimulai sejak 1 Maret 2022 dan rencananya akan berakhir di tanggal 1 Oktober 2023.

Tour yang Mengusung Sustainability

Sudah menjadi rahasia umum jika Coldplay merupakan salah satu band yang sangat concern dengan isu lingkungan yang ditunjukan dengan campaign yang mereka lakukan, termasuk, pada rangkaian tour kali ini yang bertujuan untuk memperkenalkan album ke-9 Coldplay bertajuk Music of The Sphere.

Bekerjasama dengan Paul Schurink, pendiri Zap Concepts, Coldplay memiliki misi untuk menghasilkan Tour yang mampu mengurangi penggunaan energi hingga 50% dibandingkan dengan tour-tour sebelumnya.

Hal ini merupakan campaign serius yang dijalankan oleh Coldplay, mengingat pada tahun 2019, Coldplay bahkan pernah menunda tour album Everyday Life dikarenakan belum menemukan formula terbaik untuk mengurangi penggunaan energi dan karbon yang dihasilkan dari konser.

Hal yang Mungkin Bakal Terjadi di Konser Coldplay

Untuk mendukung misi sustainability yang diusung, terdapat beberapa hal yang dilakukan oleh Coldplay pada rangkaian tour yang sudah dilakukan oleh mereka, dan berikut adalah beberapa kemungkinan misi yang akan dilakukan oleh Coldplay selama konser berlangsung di Jakarta.

1. Kinetic floor

Salah satu hal menarik dari rangkaian tour yang saat ini sedang dilakukan oleh Coldplay adalah hadirnya kinetic floor pada setiap area konser.

Kinetic floor sendiri merupakan sebuah permukaan yang mampu menghasilkan energi dari hasil gerakan yang ditimbulkan oleh penonton dan energi yang dihasilkan ini dimanfaatkan kembali untuk memberikan sumber daya pada beberapa aspek yang ada di konser.

2. Energy-Storing Stationary Bikes

Beberapa negara yang didatangi oleh Coldplay, panitia menyediakan area yang terdapat sepeda statis. Sepeda statis tersebut sengaja diletakan agar bisa digunakan oleh penonton yang hadir.

Tujuan dihadirkan sepeda ini adalah agar penonton dapat berkontribusi langsung dalam usaha penghematan energi dan dapat dilakukan dengan cara menggowes sepeda sambil menonton pertunjukan Coldplay.

3. Menggunakan Bahan Bakar Hydrotreated Vegetable Oil

Selain menyediakan area yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi, rangkaian tour yang dilakukan Coldplay saat ini juga berkomitmen untuk menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu bahan bakar yang dipilih agar hal itu dapat terealisasi adalah dengan menggunakan Hydrotreated vegetable oil yang dihasilkan dari daur ulang minyak jelantah.

Bahan bakar ini dimanfaatkan untuk menghidupkan generator dan juga sebagai bahan bakar semua alat transportasi yang dimanfaatkan oleh Coldplay.

4. Gelang LED yang Dapat Terurai

Satu hal yang selalu menarik perhatian dari konser Coldplay adalah kerlap-kerlip gelang yang digunakan oleh setiap penonton yang hadir, Meski menarik, tapi secara teknis gelang ini menimbulkan efek langsung terhadap lingkungan karena umumnya akan dibuang setelah konser selesai. 

Tapi tentu saja hal itu sudah diperhitungkan oleh manajemen Coldplay, dan pada tour kali ini setiap gelang yang dibagikan merupakan gelang LED yang dapat terurai.

5. Bekerja Sama dengan Berbagai Organisasi Lingkungan

Post concert selalu meninggalkan sampah yang menggunung dan menimbulkan dampak lingkungan yang sangat signifikan.

Maka untuk meminimalisir hal tersebut Coldplay bekerjasama dengan beberapa organisasi lingkungan seperti The Ocean Cleanup, Client Earth, One Tree Planted, dan 12 organisasi lainnya untuk membantu mereka membersihkan serta merecycle sampah yang dihasilkan dari konser.

Selain menjadi konser dengan konsep ramah lingkungan tentu hadirnya berbagai campaign yang dilakukan oleh Coldplay dapat menjadi pengalaman yang baru bagi para penonton, gimana apakah kamu tertarik datang?

Baca Juga

Fix Coldplay Konser di Indonesia Tanggal 15 November 2023

Writer: Dhiechie Alam Ramadhan
TAGS:music,coldplay
SHARE
Recommendation Article