Melly Goeslaw & Patrick Effendy, Beda Zaman, Beda Generasi, Selalu Berhasil Membuat Sesuatu yang Trendy

Melly Goeslaw & Patrick Effendy, Beda Zaman, Beda Generasi, Selalu Berhasil Membuat Sesuatu yang Trendy

Posted: Jan 22, 2022

Melly Goeslaw & Patrick Effendy, Beda Zaman, Beda Generasi, Selalu Berhasil Membuat Sesuatu yang Trendy

Menjadi populer di industri hiburan bukanlah hal yang mudah, terdapat banyak faktor yang memengaruhinya, mulai dari riset apa yang sedang disukai oleh masyarakat, sampai dengan menggali ide serta imajinasi.

Perjalanan karier dari Melly Goeslaw dan Patrick Effendy sudah tidak dapat diragukan lagi, berhasil membuat berbagai karya yang sangat populer di Tanah Air ini, bahkan bisa dibilang sebagai salah satu pembuat tren hingga saat ini.

Dalam program Culik (Ucup Ngulik) yang tayang di kanal YouTube Eventori.id kedua penggiat industri hiburan ini berbagi ilmu, mulai dari bagaimana membuat karya yang bertahan lama, hingga apa yang harus kita lakukan untuk membesarkan nama.

Melly Goeslaw menjelaskan bahwa baginya laku dan tidak lagu itu hanya terjadi di hari ini, serta banyak faktor yang menyebabkan sebuah karya laku, bisa dari promosi atau mungkin dengan giveaway.

“Kalau sudut pandang gue laku sama nggak laku itu hari ini aja, maksudnya terjadi hari ini. Itu bisa berbagai macam faktor yang mengikutinya (contohnya) promosi, apalagi sekarang bikin giveaway aja pasti laku,” jelas Melly.

Namun hal tersebut bukanlah poin yang ingin Melly dapatkan, karena bagi dirinya yang terpenting adalah membuat karya sebagus mungkin, hingga akhirnya dapat bertahan lama. Tidak seperti saat ini, yang menurut dirinya hanya dipenuhi dengan gimmick.

“Mungkin rumus membuat musik yang zaman dulu itu lebih benar ya, kalau dulu kan kita memikirkan intro, interlude, kodanya gimana, sekarang kan nggak. Gua percaya seratus persen, seribu persen, sejuta persen orang bikin singgel, bikin album sekarang mikirnya adalah bagaimana caranya bikin gimmick,” tambahnya.

Sedangkan Patrick Effendy menjelaskan bahwa untuk membesarkan pasar yang sudah kita punya, perlu adanya ekspansi atau memperbesar apa yang sudah kita miliki dan bukan dengan migrasi.

“Ekspansi sama migrasi itu two different things, karena kalau ekspansi dari market yang sudah ada spread-nya diperbesar, gaungnya diperbesar. Jadi kalau dia suka, dia akan mengajak siapa, siapa, siapa jadi gede,” jelas Patrick.

Migrasi sendiri menurut Patrick adalah saat dimana kita mencoba mengambil pasar lain yang belum tentu terikat, disaat pasar yang kita miliki sendiri belum tentu akan terbawa, hingga akhirnya kita tidak mendapatkan apapun dari keduanya.

“Tapi kalau market di sini, terus tiba-tiba di situ ada market-nya yang lain, lu kesana gitu yang ini belum tentu terbawa yang ini belum tentu terikat gitu. Karena kalau marketing soalnya ada dua, lu bikin market baru, atau lu follow,” sambungnya.

Selain obrolan tersebut, kalian dapat menyaksikan video lengkapnya di kanal YouTube Eventori.id dalam program Culik, karena disana juga membahas banyak hal lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan dari Melly Goeslaw dan Patrick Effendy.

Writer: Abdullah Arifin
TAGS:Artis / Talent
SHARE
Recommendation Article