Syarat & Ketentuan Penggunaan

Pengkinian terakhir : 24 Januari 2020

Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini berisi ketentuan-ketentuan yang mengatur hubungan antara Eventori, Pengguna, Penyedia Jasa dan Pelanggan atas penggunaan Layanan di situs www.eventori.id. Pengguna diwajibkan untuk membaca, mempelajari dan memahami dengan teliti Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini. Dengan melakukan pendaftaran dan/atau menggunakan situs www.eventori.id, maka Pengguna dianggap telah membaca, mempelajari, memahami dan menyetujui semua Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini yang dapat berubah dari waktu ke waktu dari dan karenanya secara hukum terikat pada hubungan hukum berdasarkan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini. Dalam hal Pengguna tidak menyetujui baik sebagian maupun seluruh Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, maka Pengguna tidak diperkenankan untuk melakukan pendaftaran dan menggunakan Layanan. Eventori berhak, pada setiap waktu dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, Pelanggan dan Penyedia Jasa, untuk memperbaiki, menghilangkan, atau merubah Layanan dan/atau halaman apapun pada Platform dan/atau Syarat dan Ketentuan Penggunaan, termasuk perubahan atas Kebijakan Privasi dan segala hal yang terkait dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini.

Ruang Lingkup

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, Eventori menyediakan platform sistem elektronik dalam bidang marketplace layanan jasa pada situs www.eventori.id yang terkoneksi dengan internet, dengan ruang lingkup usaha mempertemukan Penyedia Jasa dan Pelanggan untuk melakukan Pekerjaan Jasa. Dalam Layanan ini baik Eventori, Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat untuk saling mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini untuk mempertemukan Penyedia Jasa dan Pelanggan guna melakukan Pekerjaan Jasa dan membayar Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa, termasuk tapi tidak terbatas pada penyediaan fasilitas promosi dan pembayaran menggunakan Escrow Account.

Definisi

Istilah-istilah berikut ini akan memiliki pengertian sebagai berikut kecuali secara tegas ditentukan lain:

  1. “Eventori” adalah merek dagang dari PT Eventori Jaya Semesta, sebuah badan hukum Perseroan Terbatas yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berkedudukan di Jakarta Selatan.
  2. “Layanan” adalah kegiatan usaha yang dilakukan oleh Eventori untuk mempertemukan Penyedia Jasa dan Pelanggan untuk melakukan Pekerjaan Jasa dengan menggunakan Platform.
  3. “Platform” adalah sistem elektronik yang terhubung dengan internet yang dioperasionalkan pada situs www.eventori.id serta semua subdomain milik www.eventori.id dan dapat diakses di seluruh dunia serta berada di bawah kepemilikan dan penguasaan Eventori.
  4. “Pengguna” adalah setiap orang yang mengunjungi Platform, baik yang tidak terdaftar maupun yang terdaftar sebagai Pelanggan, Penyedia Jasa, dan lainnya.
  5. “Pelanggan” adalah setiap orang yang melakukan pendaftaran, memiliki Akun pada Platform dan menggunakan Jasa yang disediakan oleh Pengguna Jasa.
  6. “Penyedia Jasa” adalah Pelanggan yang menyediakan Pekerjaan Jasa melalui Platform.
  7. “Biaya Jasa (Professional Fee)” adalah harga yang wajib dibayar oleh Pelanggan kepada Penyedia Jasa artis, talent, professional atas telah dilaksanakannya Pekerjaan Jasa.
  8. “Biaya Pemakaian (Usage Fee)” adalah harga yang wajib dibayar oleh Pelanggan kepada Penyedia Jasa berupa tempat (venue) atau barang atas telah dilaksanakannya Pekerjaan Jasa.
  9. Biaya Sewa (Rental Fee) adalah harga yang wajib dibayar oleh Pelanggan kepada Penyedia Jasa untuk layanan berupa penyewaan barang.
  10. “Booking Fee” adalah biaya yang merupakan tanda jadi atas pesanan Pelanggan melalui Layanan, yaitu sebesar Rp. 250.000 (dua ratus lima puluh ribu).
  11. “Down Payment (DP)” adalah uang muka sebagai tanda jadi pesanan Pekerjaan Jasa yang dibayarkan oleh Pelanggan sebesar 50% (lima puluh persen) dari Biaya Jasa/Biaya Pemakaian dan/atau Biaya Sewa.
  12. “Biaya Layanan” adalah biaya yang dibayarkan oleh Pelanggan untuk menggunakan Layanan yang disediakan Eventori dalam Platform yaitu sebesar 10% (sepuluh persen) dari Biaya Jasa/Biaya Sewa/Biaya Pemakaian.
  13. “Penawaran” adalah penawaran dari Penyedia Jasa kepada Pelanggan untuk melakukan Pekerjaan Jasa.
  14. “Penerimaan” adalah penerimaan yang dilakukan oleh Pelanggan atas Penawaran.
  15. “Escrow Account” adalah rekening bersama (escrow) yang digunakan dalam Layanan untuk melakukan pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa yang pengelolaannya dilakukan oleh Eventori.
  16. “Anggota Premium” adalah Pelanggan yang telah mendaftar dan membayar biaya keanggotaan serta disetujui oleh Eventori. Anggota Premium Eventori akan mendapatkan keuntungan berupa bebas dari pembayaran Booking Fee dan/atau bisa membayarkan DP dengan jangka waktu yang lebih panjang.
  17. “Anggota Biasa/Non Premium” adalah Pelanggan yang telah mendaftar dan terverifikasi oleh Eventori namun tidak mendaftar untuk menjadi Anggota Premium.
  18. Top-ranked Talent” adalah Penyedia Jasa yang telah terverifikasi oleh Eventori dan mendapatkan pencapaian tertentu sesuai dengan ketentuan Eventori.

Kesepakatan Para Pihak mengenai Layanan

Eventori sepakat untuk menyediakan Layanan sebagaimana Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat untuk menggunakan Layanan. Penyediaan dan penggunaan Layanan ini dilakukan dengan ketentuan, Pemberi Jasa dan Pelanggan dengan ini memberikan kuasa kepada Eventori untuk:

  1. Mempertemukan, merekomendasikan dan/atau meneruskan Penawaran serta Permintaan Pekerjaan Jasa di antara Pelanggan dan Penyedia Jasa.
  2. Melakukan promosi Pekerjaan Jasa di antara Penyedia Jasa dan Pelanggan dan di dalam sistem elektronik lainnya baik yang terafiliasi maupun yang tidak terafiliasi dengan Eventori.
  3. Mengelola sistem dan menentukan Syarat Dan Ketentuan dari penggunaan Escrow Account.

Hak Dan Kewajiban Para Pihak

  1. Eventori
    1. Eventori berkewajiban untuk memberikan Layanan kepada Penyedia Jasa dan Pelanggan.
    2. Eventori berhak untuk menerima pembayaran Biaya Layanan dari Pelanggan.
  2. Penyedia Jasa
    1. Penyedia Jasa berhak untuk menggunakan Layanan dan menerima pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa dari Pelanggan.
    2. Penyedia Jasa berkewajiban untuk menyediakan penawaran dan melakukan Pekerjaan Jasa untuk Pelanggan.
  3. Pelanggan
    1. Pelanggan berhak untuk menggunakan Layanan dan menerima hasil Pekerjaan Jasa dari Penyedia Jasa.
    2. Pelanggan berkewajiban untuk melakukan pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa kepada Penyedia Jasa, termasuk Biaya Layanan untuk Eventori melalui Escrow Account.

Ketentuan Umum

  1. Materi dan konten yang terdapat dalam Platform tersedia dan disediakan dengan tanpa jaminan atas keakuratannya, kecuali secara tegas disebutkan sebaliknya oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku dan oleh Eventori, pihak ketiga, penyedia konten dan/atau pemasang Iklan.
  2. Dalam menggunakan Layanan, Pelanggan wajib untuk melakukan pemeriksaan dan peninjauan terhadap segala informasi yang diterima oleh Pelanggan terkait penggunaan Layanan dan membuat pilihan yang tepat. Dalam hal Pelanggan mengajukan komplain atas penggunaan Layanan atau atas penerimaan hasil Pekerjaan Jasa dari Penyedia Jasa, maka Eventori akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan mediasi permasalahan di antara Pelanggan dan Penyedia Jasa, dan bila permasalahan tersebut tetap tidak dapat diselesaikan atau meningkat menjadi sengketa hukum, Eventori berhak untuk menon-aktifkan sementara waktu Akun dari Pelanggan dan Penyedia Jasa, termasuk menon-aktifkankan status sebagai “Anggota Premium” atau “Top-ranked Talent” beserta keuntungannya.
  3. Dalam memberikan Layanan, Eventori akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghubungkan Pelanggan dan Penyedia Jasa yang direkomendasikan, namun demikian Eventori tidak menjamin dan tidak bertanggung jawab atas semua tindakan Penyedia Jasa maupun Pelanggan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, baik berupa pelanggaran peraturan perundang-undangan maupun pelanggaran perjanjian. Eventori akan memberikan usaha-usaha terbaik dalam melakukan mediasi antara Pelanggan dengan Penyedia Jasa untuk menghasilkan solusi terbaik bagi seluruh Pihak.
  4. Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat untuk membebaskan Eventori dari segala bentuk tanggung jawab, klaim dan tuntutan hukum dari pihak manapun, atas setiap tindakan dan/atau perbuatan yang dilakukan oleh Penyedia Jasa dan/atau Pelanggan dalam menggunakan Layanan, dan melakukan Pekerjaan Jasa.
  5. Dalam memberikan Layanan, Eventori berhak untuk menggunakan pemasok pihak ketiga dalam menyediakan sebagian peralatan, sistem dan/atau jasa yang mendukung sistem Layanan, yaitu yang meliputi namun tidak terbatas pada penggunaan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan, koneksi, server dan konsultan, dan Eventori tidak bertanggung jawab atas segala kegagalan dan/atau kerusakan sistem Layanan yang disebabkan oleh penyediaan sebagian peralatan, sistem dan/atau jasa yang mendukung Sistem Layanan tersebut sepanjang kegagalan dan/atau kerusakan tersebut disebabkan karena hal-hal yang berada di luar kendali Eventori.
  6. Dalam menggunakan Layanan, Pelanggan dilarang untuk:
    1. Menyebarkan segala bentuk informasi yang dapat menimbulkan konflik antar suku, ras, agama dan antar golongan.
    2. Melakukan transaksi yang bersifat pencucian uang (money laundering), pendanaan bagi kegiatan terorisme, transaksi narkotika dan obat-obatan terlarang dan/atau kegiatan lainnya yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan.
    3. Melakukan aktivitas yang dapat menyebarkan atau mendistribusikan virus atau material teknologi berbahaya lainnya, termasuk meretas bagian apapun dari Platform, merusak data, mengirimkan Iklan yang tidak diinginkan atau mencoba mempengaruhi kelangsungan dan fungsi dari Platform atau sistem elektronik dari Platform dan/atau mitra Eventori.

Kebijakan terkait Akun

  1. Untuk dapat menggunakan Layanan, setiap Pengguna wajib untuk menjadi Pelanggan dengan cara melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan memiliki Akun pada Platform. Pendaftaran tersebut dapat dilakukan dengan cara:
    1. Pendaftaran secara mandiri dengan cara mengisi formulir yang telah disediakan oleh Eventori pada Platform berdasarkan inisiatif dari Pengguna sendiri. Anda dapat mendaftar disini.
    2. Pendaftaran yang dilakukan dengan bantuan Eventori berdasarkan persetujuan dan konfirmasi dari Pengguna dengan menggunakan sarana komunikasi apapun (telepon, email, dll).
  2. Dalam melakukan pendaftaran, Pengguna wajib untuk menyerahkan data pribadi yang meliputi tapi tidak terbatas pada nama, domisili, alamat email dan nomor telepon. Dalam hal Pengguna memberikan informasi dan data Pribadi yang tidak benar atau tidak sesuai, baik disengaja maupun tidak disengaja dan hal tersebut menimbulkan dan/atau dapat menimbulkan kerugian pada Pelanggan lain atau pihak manapun, maka Eventori tidak bertanggung jawab atas kerugian tersebut dan Pengguna dengan ini membebaskan Eventori dari setiap dan seluruh klaim, tuntutan dan ganti rugi pihak manapun yang disebabkan kerugian karena ketidakbenaran informasi dan data tersebut. Lebih lanjut mengenai Kebijakan Privasi Eventori dapat dilihat disini.
  3. Setelah melakukan pendaftaran, Pelanggan berhak untuk menerima Akun dalam Platform beserta username dan password dari Eventori, yang dapat digunakan oleh Pelanggan untuk menggunakan Layanan. Pelanggan wajib untuk menjaga dan merahasiakan serta bertanggung jawab terhadap username dan password tersebut, tidak menyerahkannya kepada pihak manapun, dan Eventori tidak bertanggung jawab atas penggunaan username dan password tersebut oleh Pelanggan.
  4. Pelanggan yang telah melakukan pendaftaran berhak untuk menjadi Penyedia Jasa dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran sebagai Penyedia Jasa. Untuk menjadi Penyedia Jasa, Pelanggan wajib untuk memberikan informasi dan data mengenai Pekerjaan Jasa yang akan ditawarkan kepada Pelanggan dengan cara mengisi formulir yang telah disediakan oleh Eventori dan, termasuk tapi tidak terbatas pada melakukan mengunggah foto Penyedia Jasa, logo usaha, mengisi informasi nama usaha, deskripsi jasa, kategori jasa, sub-kategori jasa, lokasi jangkauan layanan, nomor handphone, alamat email, alamat lengkap, portofolio bisnis dan informasi tambahan, dan Eventori berhak untuk melakukan validasi atas informasi dan data mengenai Pekerjaan Jasa tersebut dengan ketentuan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Eventori dengan tidak mengurangi hak Eventori untuk menolak pengajuan pendaftaran sebagai Penyedia Jasa tersebut atas kebijakannya sendiri.
  5. Segala informasi dan data yang diserahkan oleh Pelanggan dan Penyedia Jasa dalam proses pendaftaran dan/atau Layanan dapat digunakan oleh Eventori untuk menyediakan, memperbaharui dan mengembangkan Layanan, dan Pelanggan atau Penyedia Jasa dapat tetap memiliki hak atas data yang diserahkan dan meminta penghapusan informasi dan data yang diinginkan. Dengan menyerahkan informasi dan data kepada Eventori melalui Platform, Pelanggan dan Penyedia Jasa memberikan kepada Eventori suatu izin non-eksklusif, bebas dari royalti, meliputi seluruh dunia, lisensi terbatas yang dapat digunakan, untuk memodifikasi, menghapus, menambahkan, ditampilkan secara publik, memperbanyak dan menerjemahkan, termasuk mendistribusikannya tanpa batas di semua format media melalui saluran media apapun. Dalam hal Pelanggan dan/atau Penyedia Jasa membagikan informasi dan data di situs atau aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest,Youtube, dan lain-lain, Pelanggan dan Penyedia Jasa akan mengikuti kebijakan privasi, ketentuan, dan hak untuk berbagi data dari pihak ketiga tersebut. Mengenai penggunaan Hak Kekayaan Intelektual dapat dilihat disini.
  6. Eventori berhak untuk melakukan pemblokiran Akun Pelanggan dan/atau Penyedia Jasa dengan ketentuan, dengan dilakukannya pemblokiran Akun Pelanggan dan/atau Penyedia Jasa, maka Pelanggan dan/atau Penyedia Jasa yang bersangkutan menjadi berada dalam status tidak terdaftar dalam Platform dan karenanya tidak berhak untuk menggunakan Layanan. Pemblokiran Akun Pelanggan dapat terjadi dengan alasan:
    1. Pelanggan dan/atau Penyedia Jasa melakukan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Penggunaan.
    2. Pelanggan dan/atau Penyedia Jasa memberikan data Pribadi, data Pekerjaan Jasa dan/atau data-data lainnya yang palsu, tidak benar dan/atau tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
    3. Pelanggan memiliki lebih dari 1 (satu) Akun, baik yang terdaftar atas nama Pelanggan sendiri maupun yang terdaftar atas nama afiliasi dari Pelanggan, yaitu yang meliputi tapi tidak terbatas pada karyawan, anggota keluarga dan/atau anak perusahaan dari Pelanggan.
  7. Pelanggan dan Penyedia Jasa dengan ini menyatakan bahwa Eventori tidak bertanggung jawab atas kerusakan akun Pelanggan dan Penyedia Jasa yang disebabkan karena penggunaan secara tidak bertanggung jawab baik oleh Pelanggan dan Penyedia Jasa sendiri maupun oleh pihak lain.

Pekerjaan Jasa

  1. Ruang Lingkup Pekerjaan Jasa meliputi Pekerjaan Jasa dengan deskripsi sebagaimana yang telah ditentukan oleh Eventori di situs www.eventori.id. Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat, bahwa masing-masing hanya menawarkan dan menerima penawaran Pekerjaan Jasa terbatas pada ruang lingkup Pekerjaan Jasa tersebut.
  2. Penyedia Jasa dan Pelanggan setuju bahwa Eventori berhak, tanpa kewajiban untuk memberitahukan atau mendapat persetujuan terlebih dahulu dari Penyedia Jasa dan Pelanggan, untuk melakukan perubahan termasuk pengurangan atau penambahan ruang lingkup Pekerjaan Jasa.
  3. Dalam menggunakan Layanan, Penyedia Jasa wajib untuk memberikan informasi mengenai Pekerjaan Jasa yang ditawarkannya dengan sebenar-benarnya, yaitu yang meliputi tapi tidak terbatas pada deskripsi lengkap Pekerjaan Jasa, portofolio, foto dan/atau gambar hasil Pekerjaan Jasa yang pernah dilakukan dan perizinan yang masih berlaku, baik dalam bentuk kode, audio, video, teks maupun gambar. Penyedia Jasa dengan ini memberikan kuasa dan wewenang kepada Eventori untuk mengumumkan dan/atau mempublikasikan informasi tersebut baik melalui Platform, sistem elektronik yang menjadi rekanan Eventori, media dimana Eventori terdaftar maupun media lainnya untuk kepentingan Eventori.

Layanan

  1. Ruang Lingkup Layanan meliputi Layanan dengan deskripsi sebagaimana yang telah ditentukan oleh Eventori di situs www.eventori.id, sesuai dengan Kebijakan Keamanan yang dapat Anda baca disini.
  2. Untuk dapat menerima Pekerjaan Jasa, Pelanggan wajib untuk mengajukan permintaan penawaran Pekerjaan Jasa terlebih dahulu melalui Platform dan Eventori akan mempertemukan Pelanggan dengan Penyedia Jasa yang relevan berdasarkan permintaan tersebut.
  3. Untuk dapat memberikan Pekerjaan Jasa, Penyedia Jasa wajib untuk mengajukan penawaran Pekerjaan Jasa terlebih dahulu melalui Platform dan Eventori akan mempertemukan Pelanggan dengan Penyedia Jasa berdasarkan permintaan penawaran Pekerjaan jasa dari Pelanggan.
  4. Eventori tidak bertanggung jawab atas segala kesepakatan yang dibuat oleh Pelanggan dan Penyedia Jasa diluar Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dan/atau yang dibuat di luar Platform. Dengan demikian, maka Pelanggan dan Penyedia Jasa dengan ini membebaskan Eventori dari setiap klaim, tuntutan dan ganti rugi dari pihak manapun dalam hal pelaksanaan Pekerjaan Jasa tersebut dilakukan berdasarkan kesepakatan yang dibuat di luar Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dan/atau yang dibuat di luar Platform.
  5. Dalam menggunakan Layanan, Eventori menganjurkan agar Penyedia Jasa dan Pelanggan melakukan komunikasi melalui sistem pesan yang tersedia pada Platform dan melakukan pembayaran melalui Escrow Account demi kepentingan akuntabilitas dan pelacakan. Perlu diingat bahwa Eventori memiliki akses kepada sistem pesan dan informasi di dalamnya, dan semua komunikasi yang terjadi dalam sistem pesan tersebut tidak bersifat pribadi dan dirahasiakan, tetapi komunikasi tersebut tidak dapat diakses oleh publik.

Penawaran Dan Penerimaan Pekerjaan Jasa

  1. Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat untuk menggunakan Layanan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Eventori, baik ketentuan mengenai cara melakukan pendaftaran, cara melakukan sesi Layanan, cara mengajukan penawaran dan penerimaan Pekerjaan Jasa dan cara pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa.
  2. Saat melakukan transaksi dalam Layanan, Penyedia Jasa dan Pelanggan setuju bahwa Penyedia Jasa dan Pelanggan telah membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini serta segala informasi dan deskripsi yang disampaikan oleh masing-masing Penyedia Jasa dan Pelanggan, dan dengan dilakukannya penawaran dan penerimaan penawaran Pekerjaan Jasa yang diajukan oleh masing-masing pihak di dalam Platform, maka Penyedia Jasa dan Pelanggan menyadari telah masuk ke dalam perjanjian yang mengikat secara hukum untuk melaksanakan kerja sama Pekerjaan Jasa sebagai pelaksana dan penerima Pekerjaan Jasa tersebut.
  3. Penyedia Jasa berhak untuk menawarkan Pekerjaan Jasa sesuai dengan ruang lingkup Pekerjaan Jasa yang telah ditentukan oleh Eventori. Dalam menawarkan Pekerjaan Jasa, Penyedia Jasa wajib untuk memberikan informasi Pekerjaan Jasa yang lengkap dan benar sesuai dengan kondisi dan kualitas yang sebenarnya, dan dalam hal informasi Pekerjaan Jasa yang ditawarkan oleh Penyedia Jasa tidak sesuai dengan Pekerjaan Jasa yang diterima oleh Pelanggan, maka Eventori berhak untuk membatalkan atau menahan pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa atau Penyedia Jasa berkewajiban untuk mengembalikan pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa dengan ketentuan Pelanggan bisa memberikan bukti-bukti nyata melalui foto, video atau barang bukti lainnya, bahwa Penyedia Jasa telah melakukan Pekerjaan Jasa yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan.
  4. Pelanggan dapat meminta penambahan lingkup Pekerjaan Jasa melalui Layanan dan setuju untuk dikenakan tambahan Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa. Pelanggan dapat meminta 1 (satu) kali perubahan atas penawaran yang diajukan Penyedia Jasa melalui Eventori.
  5. Dalam menggunakan Layanan, Penyedia Jasa dilarang untuk membuat ketentuan pelaksanaan Pekerjaan Jasa yang bersifat klausula baku yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu yang meliputi tapi tidak terbatas pada:
    1. Menyatakan pengalihan tanggung jawab Penyedia Jasa kepada pihak manapun, termasuk menanggung biaya transportasi, pengiriman dan/atau biaya tambahan lainnya yang tidak ada dalam Penawaran.
    2. Menyatakan bahwa Penyedia Jasa berhak untuk menolak komplain dan/atau menolak memperbaiki hasil Pekerjaan Jasa.
    3. Menyatakan bahwa Penyedia Jasa menolak penyerahan kembali barang dan/atau memperbaiki hasil Pekerjaan Jasa yang tidak sesuai yang telah dilakukan untuk Pelanggan.
    4. Menyatakan Penyedia Jasa berhak menolak pengembalian uang (refund) yang telah dibayarkan oleh Pelanggan berdasarkan Ketentuan Pembatalan Eventori.
    5. Menyatakan pemberian kuasa dari Pelanggan kepada Penyedia Jasa baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan segala tindakan sepihak yang berkaitan Pekerjaan Jasa.
    6. Mengatur perihal pembuktian atas hilangnya pemanfaatan Pekerjaan Jasa.
    7. Menyatakan bahwa Pelanggan memberi kuasa kepada Penyedia Jasa untuk membebankan hak tanggungan dan/atau hak gadai atas Pekerjaan Jasa yang dibayar secara angsuran.
  6. Dalam hal terdapat ketidaksesuaian antara ketentuan yang dibuat oleh Penyedia Jasa dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini.

  7. Penyedia Jasa dilarang untuk menawarkan Pekerjaan Jasa kepada Pelanggan, dengan cara apapun, atas Pekerjaan Jasa yang bersifat:
    1. Melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    2. Menyebabkan adanya pertentangan suku, agama dan ras (SARA).
    3. Mengandung unsur asusila, perjudian, money laundering, penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang dan tindakan terorisme.
    4. Membahayakan sistem elektronik dalam Platform dan/atau merugikan Eventori.

Pelaksanaan Pekerjaan Jasa

Penyedia Jasa wajib untuk melaksanakan sendiri Pekerjaan Jasa dan bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan Pekerjaan Jasa tersebut. Penyedia Jasa dapat menggunakan pihak ketiga untuk melaksanakan Pekerjaan Jasa dengan ketentuan, penggunaan pihak ketiga tersebut hanya untuk sebagian Pekerjaan Jasa yang bersifat mendukung pelaksanaan Pekerjaan Jasa. Dalam hal Penyedia Jasa menggunakan pihak ketiga dalam pelaksanaan Pekerjaan Jasa, maka Penyedia Jasa wajib untuk mendapatkan persetujuan tertulis sebelumnya dari Pelanggan dan bertanggung jawab penuh atas segala hasil dari Pekerjaan Jasa yang dilakukan oleh pihak ketiga tersebut.

Dalam hal terjadi pembatalan baik oleh Penyedia Jasa maupun Pelanggan, lihat aturannya disini.

Penerimaan Hasil Pekerjaan Jasa oleh Pelanggan

  1. Pelanggan wajib untuk melakukan konfirmasi penerimaan hasil dari Pekerjaan Jasa dengan mengisi formulir disini. Dalam hal Pelanggan tidak memberikan konfirmasi penerimaannya dalam waktu 7 (tujuh) hari dan tidak mengajukan komplain dan/atau tidak mengajukan klaim yang berkaitan dengan tidak sesuainya Pekerjaan Jasa yang disepakati, maka Pelanggan dianggap telah memberikan hak dan wewenang kepada Eventori untuk melakukan konfirmasi otomatis atas penerimaan hasil Pekerjaan Jasa tersebut melalui sistem dalam Platform. Dengan dilakukannya konfirmasi otomatis tersebut, maka Pelanggan dianggap telah menerima hasil Pekerjaan Jasa.
  2. Dengan dilakukannya konfirmasi atau konfirmasi otomatis atas penerimaan hasil Pekerjaan Jasa, Pelanggan setuju bahwa Pelanggan telah menerima hasil Pekerjaan Jasa tersebut dan karenanya segala keadaan yang terjadi setelah dilakukannya konfirmasi atau konfirmasi otomatis tersebut merupakan tanggung jawab dari Pelanggan. Dengan dilakukannya konfirmasi atau konfirmasi otomatis tersebut, Pelanggan dengan ini membebaskan Eventori dari segala beban tanggung jawab dan kewajiban apapun terkait dengan Pekerjaan Jasa, dari dan karenanya membebaskan Eventori dari segala tuntutan dan beban ganti rugi atas kerugian yang ditimbulkan karena dilakukannya Pekerjaan Jasa tersebut.
  3. Setelah menerima hasil Pekerjaan Jasa, Pelanggan berhak untuk memberikan evaluasi atas Pekerjaan Jasa tersebut, dan Penyedia Jasa serta Pelanggan dengan ini memberikan hak dan wewenang kepada Eventori untuk mempublikasikan dan/atau mengumumkan hasil evaluasi tersebut di dalam Platform.

Jaminan Layanan

  1. Untuk menghindari segala kerugian yang mungkin bisa dialami oleh Penyedia Jasa dan Pelanggan, Eventori dengan ini memperingatkan agar Penyedia Jasa dan Pelanggan menggunakan Layanan sesuai dengan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dan ketentuan lainnya yang ditetapkan oleh Eventori dalam Platform, termasuk menggunakan fasilitas yang telah disediakan dalam Platform mengenai sistem pengiriman pesan dan korespondensi dalam berkomunikasi dan semaksimal mungkin menghindari adanya korespondensi dan/atau kesepakatan yang dibuat di luar Platform.
  2. Dalam hal Penyedia Jasa telah menerima pembayaran DP (Down Payment) Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa namun tidak melaksanakan Pekerjaan Jasa atau melaksanakan Pekerjaan Jasa tapi tidak sesuai jadwal yang disepakati, maka Eventori akan memberikan pemberitahuan dan/atau peringatan kepada Penyedia Jasa, dan jika tidak dilaksanakannya Pekerjaan Jasa atau dilaksanakannya Pekerjaan Jasa tapi tidak sesuai jadwal tersebut mengakibatkan terjadinya konflik di antara Penyedia Jasa dan Pelanggan maka Eventori akan membantu melakukan mediasi. Dalam hal mediasi tersebut tidak dapat melahirkan kesepakatan di antara Penyedia Jasa dan Pelanggan, Eventori sepakat untuk memberikan ganti rugi atas uang pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa yang telah dibayarkan oleh Pelanggan kepada Penyedia Jasa yang tidak dikembalikan dengan ketentuan:
    1. Ganti rugi tersebut akan diberikan sebanyak-banyaknya sampai dengan 10% (sepuluh persen) dari nilai Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa dan tidak melebihi dari nilai Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah), mana yang lebih rendah,untuk seluruh kerugian yang diderita oleh Pelanggan.
    2. Ganti rugi tersebut hanya untuk melindungi pembayaran yang dilakukan melalui Escrow Account.
    3. Pelanggan wajib untuk melakukan pengisian formulir pengajuan ganti rugi yang telah disediakan oleh Eventori dalam jangka waktu selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kalender sejak gagalnya proses mediasi, dan Eventori berhak untuk menolak pengajuan ganti rugi tersebut dalam hal pengajuan ganti rugi tersebut diajukan dalam jangka waktu lebih dari 30 (tiga puluh) hari tersebut.
    4. Pelanggan wajib untuk melakukan tindakan hukum yang sepatutnya baik gugatan perdata atau laporan tindak pidana terhadap Penyedia Jasa.
    5. Menyerahkan semua alat bukti yang dimiliki oleh Pelanggan kepada Eventori.
  3. Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam angka 2 Jaminan Layanan ini juga berlaku untuk setiap tahapan dalam Pekerjaan.

Komplain

  1. Untuk menjamin bahwa Penyedia Jasa melaksanakan Pekerjaan Jasa sesuai dengan spesifikasi yang disepakati, Pelanggan diberikan hak untuk mengajukan komplain atas pelaksanaan Pekerjaan Jasa yang tidak sesuai dengan spesifikasi tersebut. Pengajuan komplain hanya dapat dilakukan dengan ketentuan:
    1. Komplain hanya dapat dilakukan sebelum Pelanggan melakukan konfirmasi penerimaan hasil Pekerjaan Jasa.
    2. Komplain hanya dapat dilakukan untuk Layanan Pekerjaan jasa yang menggunakan Escrow Account.
  2. Berdasarkan perubahan spesifikasi Pekerjaan dan klarifikasi di antara Penyedia Jasa dan Pelanggan, salah satu Pihak hanya dapat melakukan perubahan atas penawaran Pekerjaan Jasa sebanyak-banyak sampai 1 (satu) kali perubahan dan/atau revisi.
  3. Dalam hal setelah dilakukan 1 (satu) kali perubahan dan/atau revisi penawaran Pekerjaan Jasa masih tidak sesuai dengan spesifikasi Pekerjaan Jasa yang diinginkan Pelanggan, maka Pelanggan wajib melakukan pemesanan baru.
  4. Pelanggan dan Penyedia sepakat bahwa kewajiban Eventori dalam menyediakan Layanan terbatas pada menghadirkan Penyedia Jasa untuk melakukan Pekerjaan Jasa. Apabila Penyedia Jasa lalai, tidak dapat menyelesaikan Pekerjaan Jasa sebagaimana dijanjikan dan/atau lainnya yang dianggap tidak sesuai dengan kesepakatan maka Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat untuk memberikan wewenang kepada Eventori untuk melakukan mediasi di antara Penyedia Jasa dan Pelanggan, dan dalam hal mediasi tersebut tidak dapat menghasilkan kesepakatan maka Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat untuk memberikan wewenang kepada Eventori untuk membuat keputusan yang bersifat final dan mengikat di antara Penyedia Jasa dan Pelanggan.
  5. Dalam hal keputusan final yang dibuat oleh Eventori tidak dapat diterima oleh Penyedia Jasa dan/atau Pelanggan, maka Penyedia Jasa dan/atau Pelanggan sepakat untuk menyelesaikan sengketa tersebut secara hukum antara Penyedia Jasa dan Pelanggan.

Jenis Dan Bentuk Layanan

Layanan terdiri dari jenis dan bentuk sebagaimana yang ditentukan oleh Eventori di dalam Platform dengan ketentuan, Eventori berhak dari waktu ke waktu untuk melakukan perubahan atas jenis dan bentuk Layanan tersebut. Pelanggan dapat melihat jenis dan bentuk Layanan tersebut disini.

Pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa

  1. Penentuan besarnya Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa dilakukan oleh Penyedia Jasa dengan menggunakan sistem yang ditentukan oleh Eventori di dalam Platform.
  2. Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat, bahwa segala kesepakatan mengenai Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa yang dibuat oleh Penyedia Jasa dan Pelanggan di luar Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dan/atau diluar Platform, yaitu yang meliputi tapi tidak terbatas pada besarnya Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa, cara pembayaran dan keuntungan lainnya yang mungkin diperjanjikan, merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari Penyedia Jasa dan Pelanggan, dan Eventori tidak bertanggung jawab atas segala kesepakatan yang dibuat di luar Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dan/atau diluar Platform tersebut.
  3. Dalam melakukan pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa yang wajib menggunakan Escrow Account, Penyedia Jasa dilarang untuk melakukan transaksi pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa secara langsung dengan Pelanggan, namun Penyedia Jasa dibebaskan dari kewajiban tersebut dalam hal Pelanggan menginginkan dilakukannya transaksi secara langsung (di luar Escrow Account) dengan ketentuan, Penyedia Jasa wajib melaporkan kondisi tersebut kepada Eventori dan Penyedia Jasa juga wajib membayar Booking Fee kepada Eventori. Dalam hal Penyedia Jasa melakukan pelanggaran ketentuan ini, maka Eventori berhak untuk menonaktifkan kegiatan Penyedia Jasa dalam memberikan Layanan yang pembayarannya wajib menggunakan Escrow Account.
  4. Dalam melakukan penagihan pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa melalui Escrow Account, Penyedia Jasa wajib untuk membuat surat penagihan (invoice) yang bentuk dan formatnya telah ditentukan oleh Eventori di dalam Platform.
  5. Eventori berhak melakukan penilaian risiko (Risk Assessment) untuk setiap invoice yang telah dibuat dalam platform Eventori dan berhak untuk menolak memberikan layanan Escrow Account berikut dengan jaminan yang diberikan apabila transaksi terkait dinilai tidak lolos penilaian risiko dari Eventori.
  6. Eventori berhak dan berwenang untuk menahan pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa di dalam rekening Escrow Account dalam hal terdapat komplain dari Pelanggan atau permasalahan dan/atau sengketa di antara Penyedia Jasa dan Pelanggan terkait dengan proses pelaksanaan Pekerjaan Jasa. Pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa baru dapat dilakukan kepada Penyedia Jasa dalam hal komplain, permasalahan dan/atau sengketa tersebut telah selesai dan/atau Pekerjaan Jasa telah dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan.
  7. Pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa melalui Escrow Account dapat dilakukan oleh Pelanggan kepada Penyedia Jasa dengan menggunakan berbagai sarana pembayaran yang meliputi tapi tidak terbatas pada kartu kredit, melalui kerja sama Eventori dengan pihak penyedia layanan pembayaran atau melalui transfer antar bank. Terkait pembayaran tersebut, dalam hal Eventori wajib untuk memberikan informasi mengenai Penyedia Jasa dan/atau Pelanggan kepada penyedia layanan pembayaran tersebut dengan tujuan untuk melakukan pelacakan pembayaran, maka dengan ini Penyedia Jasa dan Pelanggan memberikan hak dan wewenang kepada Eventori untuk memberikan informasi tersebut kepada pihak penyedia layanan pembayaran tersebut.
  8. Penyedia Jasa dan Pelanggan sepakat bahwa dalam setiap pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa yang dilakukan melalui Escrow Account, Eventori hanya merupakan perantara di antara Penyedia Jasa dan Pelanggan dan Eventori tidak membuat keputusan apapun terkait pembayaran tersebut. Dalam transaksi menggunakan Escrow Account, setiap jenis pembayaran dilakukan berdasarkan permintaan dari Penyedia Jasa dan persetujuan dari Pelanggan.
  9. Penyedia Jasa dan Pelanggan memahami bahwa Eventori tidak berkewajiban untuk memberikan nasehat atau saran apapun terkait dengan pembayaran, sehingga segala informasi yang disampaikan oleh Eventori tidak dapat ditafsirkan sebagai bentuk nasehat atau saran yang dapat mempengaruhi atau menjadi dasar dilakukannya segala jenis pembayaran, kecuali yang secara tegas disebutkan oleh Eventori bahwa informasi tersebut merupakan nasehat atau saran dari Eventori.
  10. Eventori menyarankan agar Penyedia Jasa dan Pelanggan senantiasa melakukan pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa sesuai jadwal yang disepakati, namun dalam hal Penyedia Jasa meminta pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa di luar jadwal pembayaran yang telah disepakati, maka hal tersebut sepenuhnya merupakan kebijakan dan keputusan dari Pelanggan dan karenanya menjadi tanggung jawab penuh dari Pelanggan. Eventori tidak bertanggung jawab atas pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa yang dilakukan oleh Pelanggan diluar jadwal pembayaran yang telah disepakati kecuali dalam keadaan dimana Eventori memediasi Komplain, permasalahan dan/atau sengketa yang terjadi di antara Penyedia Jasa dan Pelanggan.
  11. Pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa Layanan yang pembayarannya wajib menggunakan Escrow Account dilakukan secara bertahap sebelum dan sesudah dilakukannya Pekerjaan Jasa, yang pembayarannya wajib dilakukan oleh Pelanggan kepada Penyedia Jasa dengan ketentuan dan cara sebagai berikut:
    1. Pembayaran Booking Fee oleh Pelanggan ketika Pelanggan bermaksud melakukan pesanan. Ketentuan ini tidak berlaku untuk Anggota Premium Eventori.
    2. Pembayaran DP (Down Payment) sebesar 50% (lima puluh persen) dari Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa melalui Escroe Account dilakukan setelah Penyedia Jasa dan Pelanggan menyepakati spesifikasi Pekerjaan Jasa dan Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa berdasarkan Penawaran Pekerjaan Jasa yang diajukan oleh Penyedia Jasa dan negosiasi di antara Penyedia Jasa dan Pelanggan.
    3. Setelah menerima DP atas Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa dari Pelanggan, Eventori melakukan pembayaran sebagian Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa kepada Penyedia Jasa sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Eventori.
    4. Dalam hal Penyedia Jasa telah melaksanakan Pekerjaan Jasa, maka Eventori, Penyedia Jasa dan Pelanggan dengan ini sepakat bahwa Layanan dianggap telah selesai maka ketentuan mengenai Jaminan Layanan Eventori menjadi tidak berlaku.
    5. Pembayaran pelunasan Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa dilakukan oleh Pelanggan melalui Eventori dengan menggunakan sarana Escrow Account selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sebelum pelaksanaan Pekerjaan Jasa.
    6. Seluruh proses dan prosedur serta konfirmasi dan persetujuan pelaksanaan Pekerjaan Jasa dan pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa wajib dilakukan berdasarkan sistem elektronik yang telah ditentukan oleh Eventori di dalam Platform.

Tidak Berlakunya Jaminan Layanan

Syarat dan Ketentuan ini dengan ketentuan, syarat dan ketentuan mengenai Jaminan Layanan tersebut tidak berlaku dalam hal:

  1. Penyedia Jasa melakukan Pekerjaan Jasa tambahan yang tidak diberitahukan kepada dan tidak disetujui oleh Eventori.
  2. Layanan Eventori untuk menghadirkan dan/atau menyediakan Penyedia Jasa telah dilaksanakan.

Booking Fee dan Biaya Layanan

  1. Penyedia Jasa sepakat bahwa Eventori berhak untuk memperoleh Biaya Layanan dari Penyedia Jasa dalam setiap kali Penyedia Jasa hadir dan melakukan Pekerjaan Jasa untuk Pelanggan. Biaya Layanan ditentukan atas penggunaan Platform, penyediaan Layanan dan penggunaan Escrow Account, yaitu sebesar 10% (sepuluh persen) dari Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa. Eventori berhak untuk melakukan pemotongan Biaya Layanan secara langsung dari setiap pembayaran Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa yang dilakukan oleh Pelanggan kepada Penyedia Jasa melalui Eventori (Escrow Account).
  2. Untuk Pelanggan dengan status Anggota Biasa/Non Premium, apabila akan melakukan pesanan lebih dari satu dalam layanan Eventori wajib melunasi Booking Fee sebesar Rp. 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) sebelum dapat melakukan pesanan selanjutnya di Eventori. Anggota Premium dapat melakukan pesanan tanpa harus membayar Booking Fee terlebih dahulu.
  3. Pembayaran DP (Down Payment) sebesar 50?ri Biaya Jasa/Biaya Pemakaian/Biaya Sewa akan dikurangi Booking Fee yang telah dibayarkan oleh Pelanggan melalui Eventori (Escrow Account).
  4. Eventori berhak, dari waktu ke waktu berdasarkan pertimbangan Eventori sendiri, untuk melakukan perubahan, termasuk penambahan maupun pengurangan, atas ketentuan mengenai Booking Fee dan Biaya Layanan.

Penggunaan Data Pribadi

Eventori menghormati, menjaga dan berhati-hati dalam memperlakukan data, informasi dan privasi Anda dalam Layanan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi yang dapat Anda lihat disini.

Hak Kekayaan Intelektual

Eventori mengakui dan melindungi Hak Kekayaan Intelektual dan mengakomodirnya dalam Layanan. Ketentuan mengenai HKI dapat Anda lihat lebih lanjut disini.

Pilihan Hukum

Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dibuat dan harus ditafsirkan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia. Dalam hal terjadi perselisihan atau sengketa yang berhubungan dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, penyelesaiannya wajib dilakukan berdasarkan ketentuan hukum Negara Republik Indonesia.